Keutamaan Shalat Tarawih - Portal Islamic

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Keutamaan Shalat Tarawih

Share This
Saya dan Shalat Tarawih: Dilema Menjadi Imam 8 Rakaat
Shalat tarawih boleh dilaksanakan secara berjamaah maupun sendirian. Meskipun demikian shalat tarawih berjamaah memiliki beberapa keutaman shalat tarawih yang perlu diketahui. Diantaranya adalah :
  1. Mendapatkan pahala sholat semalam suntuk
Pahala shalat tarawih berjamaah bersama imam sama dengan pahala shalat semalam suntuk. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW berikut ini
إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ بَقِيَّةُ لَيْلَتِهِ
“Sesungguhnya jika seseorang shalat bersama imam hingga imam selesai, maka ia dihitung mendapatkan pahala shalat di sisa malamnya.” (HR. Ahmad)
2. Memperoleh pahala shalat berjamaah
Shalat berjamaah yang dilakukan dimasjid pahalanya dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian. Hal ini serupa dengan wajib shalat berjamaah sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini :
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
“Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (H.R. Bukhari)
3. Meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah
Shalat tarawih memiliki banyak manfaat dan keutamaah diantaranya adalah meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah diantara umat muslim. Umat muslim yang pergi ke masjid dan menunaikan shalat tarawih berjamaah bisa bertemu dengan sanak saudaranya atau tetangga dan hal ini bisa mmeperkuat rasa persaudaraan dan ukhuwah islamiyah. Sebagaimana kita ketahui bahwa silaturahmi memiliki banyak keutamaan dan dijelaskan dalam hadits berikut ini :

لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِى إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا

”Seorang yang menyambung silahturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silahturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain.” (HR. Bukhari).


Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/53099/dalil-dan-keutamaan-shalat-tarawih

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages